Sabtu, 15 Februari 2014

25 Makhluk Legendaris dalam Mitologi Yunani

25. Phyton 
Seringkali digambarkan dengan bentuk ular naga, Phyton menguasai seluruh Delphic oracle. Namun dia menjadi musuh dari dewa Olympian, yaitu Apollo, yang pada akhirnya membunuhnya lalu menguasaioracle. 

24. Orthrus
Anjing berkepala dua yang bertugas menjaga gerombolan besar sapi merah. Orthrus dibunuh Heracles (Hercules) yang lalu mengambil sapi-sapi yang dijaganya sebagai bukti kemenangannya.

23. Ichthyocentaurs
Merupakan sepasang makhluk serupa centaurus yang menguasai lautan. Tubuh bagian atasnya berupa manusia, bagian bawah depan tubuhnya adalah tubuh kuda dan bagian ekornya adalah ekor ikan. Mereka dijadikan simbol astronomi untuk rasi bintang Pisces.


22. Scylla
Scylla adalah monster yang tinggal di lautan terusan sempit, berlawanan dengan tempat tinggal Charybdis. Dua sisi selat di lautan dikuasai dan ada dalam jangkauan satu sama lain. Begitu dekatnya sehingga para pelaut yang berusaha lari dari Charybdis maka akan lewat sangat dekat dengan tempat tinggal Scylla, bencana pun tidak terelakkan.

21. Typhon
Sering disebut “Ayah dari Semua Monster”, Typhon diyakini adalah monster paling mematikan dalam Mitologi Yunani.  Bagian atas tubuhnya sangat tinggi sehingga mencapai bintang-bintang, tangan-tangan nya menjangkau seluruh timur dan barat. Kepalanya bukan merupakan kepala manusia melainkan ratusan kepala naga yang keluar dari lehernya dan pundak-pundaknya.

20. Ophiotaurus
Ophiotaurus merupakan makhluk setengah sapi dan setengah ular. Isi perutnya dikatakan dapat memberikan kekuatan untuk mengalahkan para dewa bagi siapapun yang membakarnya.

19. Lamia
Lamia merupakan ratu cantik dari Libya yang dikutuk menjadi monster pemakan anak-anak. Dalam mitologi yunani, dia merupakan salah satu kekasih Zeus, dan hal ini menyebabkan istri Zeus, Hera menjadi cemburu kemudian membunuh semua anak-anak Lamia (kecuali Scylla yang telah terkutuk) dan menjadikannya seekor monster yang memburu dan memakan anak-anak manusia. 

18. Graeae
Para Graeae adalah tiga saudari yang saling berbagi dalam menggunakan satu-satunya mata dan gigi mereka. Tidak mengherankan jika meraka tidak dikenal karena kecantikannya.

17. Echidna
Echidna yang memiliki tubuh setengah manusia dan setengah ular, disebut juga sebagai “Ibu dari Semua Monster”, karena kebanyakan monster dalam mitologi Yunani adalah keturunannya. 

16. Singa Nemea (Nemean Lion)
Singa Nemea adalah monster ganas dalah mitologi Yunani yang tinggal di Nemea. Singa ini tidak dapat dibunuh oleh senjata manusia biasa karena bulu-bulu emas nya dapat menangkis semua serangan. Cakarnya lebih tajam dari pedang apapun dan dapat memotong semua jenis armor (baju baja). Singa Nemea pada akhirnya dibunuh oleh Heracles (Hercules).

15. Sphinx
Dengan badan singa, sayap burung, dan wajah wanita, Sphinx disebut sangat licik dan tanpa ampun. Mereka yang tidak dapat menjawab teka-teki yang diberikannya akan menderita dengan dibunuh oleh monster-monster buas yang kelaparan.

14. Erinyes
Secara harfiah dapat diartikan sebagai “pembalas dendam” dalam bahasa Yunani, yang dikenal sebagai dewi-dewi pembalas dendam. Dalam puisi Iliad, disebutkan bahwa Erinyes adalah “mereka yang berada dibawah bumi yang menghukum siapapun yang mengucapkan sumpah palsu”.

13. Charybdis
Merupakan anak dari Poseidon dan Gaia; Charybdis adalah makhluk yang seluruh wajahnya ditutupi mulutnya dan kaki dan tangannya adalah sirip. Charybdis menelan begitu banyak air tiga kali dalam sehari, lalu memuntahkannya lagi, yang membuat terbentuknya pusaran air besar yang mampu menenggelamkan kapal-kapal besar.

12. Harpy
Roh bersayap ini memiliki nama yang dapat diartikan: “mereka yang mencuri” dikenal dengan kegemarannya mencuri makanan. Faktanya, Zeus memerintahkan mereka untuk menghukun seorang raja bernama Phineus dengan menjebaknya di sebuah pulau dengan segerombol Harpy. Phineus seringkali tersiksa dengan sebuah sajian yang tidak dapat dia makan karena selalu dicuri para Harpy.

11. Satyr
Satyr memiliki beberapa ciri dari kambing, diantaranya kakinya dan tanduknya. Mereka sering digambarkan sedang bermain suling dan menggenggam segelas anggur merah. Mereka menggambarkan hidup tanpa masalah yang mereka jalani dengan memainkan music dan minum-minum kapanpun mereka mau.

10. Siren
Makhluk yang cantik namun mematikan, mereka seringkali digambarkan sebagai makhluk yang memiliki wajah yang cantik yang memikat para pelaut dengan suaranya yang merdu dengan tujuan agar kapal para pelaut karam di pulau berbatu dimana mereka tinggal.

9. Griffin
Griffin adalah makhluk mitos yang memiliki tubuh, ekor, dan kaki belakang seekor singa; dan kepala dan sayap seekor elang; kaki depannya juga merupakan cakar elang. Sebagaimana singa selalu disebutkan sebagai raja segala binatang dan elang merupakan raja segala burung, maka griffin dianggap sebagai makhluk yang kuat dan penuh keagungan.

8. Chimera
Chimera adalah monster penyembur api dari Lycia yang berlokasi di Asia Minor yang tubuhnya terdiri dari tiga bagian hewan yang berbeda yaitu singa,ular dan kambing. Kata “chimera” telah menjadi istilah umum untuk menyebutkan setiap makhluk mitos ataupun fiksi yang bagian tubuhnya terdiri dari bermacam hewan. 

7. Cerberus
Anjing berkepala tiga atau “anjing neraka”, Cerberus bertugas menjaga gerbang menuju Underworld untuk mencegah siapapun yang telah melewati sungai Styx untuk kembali.

6. Cyclops
Salah satu makhluk raksasa pertama yang hadir di bumi, mereka memiliki sebuah mata ditengah mukanya. Nama “Cyclops” sering disebut memiliki arti “mata membulat”.

5. Hydra
Hydra adalah makhluk yang tinggal di air yang menyerupai naga dan ciri-ciri sebagaimana reptil dan memiliki banyak kepala – para penyair puisi menggambarkannya dengan begitu banyak kepala yang tidak dapat semuanya dapat digambarkan oleh pelukis. Untuk setiap kepalanya yang terpotong, maka akan muncul dua kepala baru. Hydra juga memiliki nafas beracun dan darah yang mematikan yang bahkan bekas tetesannya sangat mematikan.  

4. Gorgon
Gorgon yang paling terkenal dalam mitologi Yunani adalah Medusa, satu-satunya gorgon yang tidak abadi diantara tiga bersaudara yang memiliki rambut yang terdiri dari ular dengan tatapan yang dapat membuat setiap makhluk berubah menjadi batu. Dia dibunuh oleh Perseus yang bersenjatakan sabit (scythe) dan kaca.

3. Centaur
Centaur adalah makhluk mitos dengan kepala, tangan dan bagian tubuh atas seorang manusia dan tubuh bawahnya berupa tubuh dan kaki kuda. Centaur yang paling terkenal dalam mitologi Yunani adalah Chiron. Chiron memiliki sifat yang sangat berbeda dari para centaur lainnya yang bersifat kasar dan peminum berat. Chiron memiliki kecerdasan dan kemampuan penyembuhan yang sangat hebat.

2. Pegasus
Salah satu makhluk paling terkenal dalam mitologi Yunani. Pegasus merupakan kuda bersayap berwarna putih. Pegasus merupakan keturunan dari Poseidon dan Medusa dan legenda mengatakan bahwa setiap kali Pegasus menginjakkan kakinya di tanah, maka keluarlah mata air dari tanah.

1. Minotaur
Minotaur adalah makhluk berkepala banteng dan bertubuh manusia. Dia tinggal ditengah Labirin Creta, yang merupakan sebuah labirin besar dan rumit yang dirancang oleh arsitek bernama Daedalus dan anaknya Icarus. Minotaur pada akhirnya dapat dikalahkan seorang pahlawan dari Athena yang bernama Theseus.

==============================
Translated by: M Luhung (http://twitter.com/mluhunk) from [1]

Sumber:

Note: Note: Jika Anda ingin memasukkan posting ini ke blog atau website Anda, anda WAJIB cantumkan LINK ke http://kisahmitologi.blogspot.com

==============================

27 komentar:

  1. wow kang blognya kentel pengetahuan
    salam blogger sukabumi

    ada waktu mampir kang blog butut uing hihi

    http://fenomenadi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kang udah berkunjung..
      blognya bagus
      salam..

      Hapus
    2. Kan minotaur sama cyclops ada di ml kan sama lagi cyclops mata satu minotaur manusia banteng

      Hapus
  2. Lengkap banget bahasan nya...
    Dilihat satu-satu, serem juga makhluk-makhluk legendaris ini ya.
    Gak kebayang kalau ada di real life...hiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, untungnya makhluk-makhluk ini ga ada di dunia nyata ya :D

      Hapus
    2. nice info gan kunjungi juga blog ane DISINI

      Hapus
  3. ooh sphynx itu masuk mitologi yunani sob? bukan mesir ya?
    saya penasaran sama kraken nih sob, masukin dong haha

    silahkan berkunjung bila berkenan sob :)
    http://ayokepo.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. nah itu dia gan, sphinx ini ada di mitologi yunani dan juga mesir. bahkan di india juga ada sejenis sphinx ini, namanya purushamriga.. ane juga jd penasaran gimana sphinx ini bisa dimana-mana, hehehe..
    anyway, thanks buat kunjungannyagan :)

    BalasHapus
  5. manstafff Broooo :D (Y)
    tapi, negeri tercinta ini punya makhluk mitos yang beragam pula, bahkan lebih banyak lagi
    gak ada salahnya, sesekali bikin artikel tentang itu gan :)

    contohnya: Werewolf versi Indonesia, uniknya kaki mereka malah terbalik, jadi kalo lagi lari justru terlihat seakan mundur. ada 3 wilayah di Nusantara yang memiliki mitos serupa. di tanah Sunda disebut: si aul. di tanah Minang disebut: sibigau. di tanah Melayu disebut; Buburu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane sih pengennya fokus dulu untuk mitologi yunani, trus norse, dst, biar berurutan gitu, hwehwe,

      Wah ane baru tau mitos itu tuh gan, jd tertarik nih :O

      Anyway, thanks atas kunjungannya :)

      Hapus
  6. Wow keren banget .jadi mengenal hewan hewan legenda yunani

    BalasHapus
  7. keren ^_^
    serasa masuk dunia nya percy jackson :D

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menambah wawasan gan, jadi penasaran sama mitologi mitologi yang lain

      Hapus
    2. Sangat menambah wawasan gan, jadi penasaran sama mitologi mitologi yang lain

      Hapus
  9. Perassan ak kurng satu lg gan....yaitu kernaken klo gk salah nama ya gan

    BalasHapus
  10. keren..Bisa Tau Mitos Yunani.
    Penjelasannya mantep!
    tpi bukannya ada Kraken?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo gan, thanks udah berkunjung...

      Kraken itu, dari beberapa sumber yang ane baca, sebenernya bukan dari mitologi yunani gan, tapi dari mitologi Skandinavia. Agan pernah nonton film Clash of Titans? Disitu menceritakan perjalanannya Perseus, yang disatu titik dia ngelawan Kraken. Nah film ini sebenernya banyak dapet kritik karena cerita nya agak melenceng dari kisah aslinya, dimana monster laut yang dilawan Perseus itu aslinya Cetus, bukan Kraken, coba baca postingan ane yang ini ya --> http://kisahmitologi.blogspot.com/2014/02/perseus.html

      CMIIW :)

      Hapus
  11. Gan mukanya tuh anaknya poseidon sma gaia tuh gimana.tuh yg pusaran air muntahannya ya berarti anaknya raksasa.maaf jika ada kata kata tdk berkenan mohon dijawab

    BalasHapus
  12. Gan mukanya tuh anaknya poseidon sma gaia tuh gimana.tuh yg pusaran air muntahannya ya berarti anaknya raksasa.maaf jika ada kata kata tdk berkenan mohon dijawab

    BalasHapus
  13. Leviathan kok tidak termasuk gan ?

    BalasHapus
  14. Yolanda...

    Pergi makan cendol.. sama Andika..

    dimasjid Ar-Rahman nir Rohimm... :-d =))

    BalasHapus
  15. Gan itu medusa bukannya dibunuh pake pedang dari hephaestus. kok di sini pake sabit??

    BalasHapus
  16. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  17. Books sulit negara unit wing Yakuza night spirit 12/7/2020

    BalasHapus